Welcome in my blogg :D Welcome in My Blog "Intel preview"... Welcome in My Blog "Intel preview"... Welcome in My Blog "Intel preview"... Welcome in My Blog "Intel preview"...Welcome in My Blog "Intel preview"... Welcome in My Blog "Intel preview"... Welcome in My Blog "Intel preview"...

Categories

Sabtu, 15 Juni 2013

Kedung Pengilon

KEDUNG PENGILON


Di halam ini anda dapat menemukan :
  1. APA ITU KEDUNG PENGILON
  2. MITOS & CERITA RAKYAT TENTANG KEDUNG PENGILON
  3. ROAD TO KEDUNG PENGILON

APA ITU KEDUNG PENGILON

Terletak di ujung barat daya Desa Bangunjiwo, tepatnya di Dusun Petung. Belum banyak dikenal oleh masyarakat luar, tetapi sangat populer di  kalangan warga sekitar. Lokasinya yang masih dikelilingi hutan dusun membuat obyek ini belum tercemar dan jarang dijamah manusia. Akan tetapi, Kedung Pengilon menyimpan potensi dan pesona alam yang cukup besar.
Kedung Pengilon, seperti namanya, adalah sebuah kedung atau kolam besar yang berada di aliran sungai. Dan Pengilon adalah kata dalam bahasa jawa yang berarti tempat untuk becermin/berkaca. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penamaan Kedung Pengilon oleh warga sekitar karena mereka seakan berkaca/becermin saat berada di tepi kedung ini. Dan memang, air Kedung Pengilon ini masih jernih hingga saat ini.
Kedung Pengilon berada ditengah aliran sungai, yang berhulu di sendang/sumber mata air Pangkah. Mengalir melalui sungai kecil, melewati ladang dan kebun milik warga, kemudian menyusup lebih dalam di sela-sela hutan dusun sebelum akhirnya sampai di Kedung Pengilon. Sesaat sebelum sampai di Kedung, aliran sungai terlebih dahulu melewati air terjun atau gerojogan dalam bahasa jawa, dengan ketinggian ± 10 meter.
    
Kedung Pengilon dilihat dari atas air terjun.

Kedung Pengilon berbentuk oval, dengan diameter sekitar  15 meter. Air di kedung ini masih jernih karena bersumber pada mata air yang masih alami dan aliran sungai sendiri yang jarang melewati pemukiman penduduk, sehingga belum terkontaminasi. Air di Kedung Pengilon berwarna hijau kebiru-biruan. Warna tersebut dipengaruhi oleh dasar kedung yang bermaterikan batu putih, serta kedalaman dari kedung ini. Disamping Kedung ini juga terdapat lubang mata air, yang terkumpul pada semacam kolam kecil. Sudah disediakan gayung dari batok kelapa oleh warga sekitar jika anda ingin mandi ataupun sekedar membasuh muka.

Silahkan basuh muka & tubuh anda di kolam kecil ini

MITOS & CERITA RAKYAT TENTANG KEDUNG PENGILON

Tidak banyak mitos atau cerita-cerita rakyat mengenai Kedung Pengilon. Terdapat beberapa cerita mengenai ‘berapa dalam’ Kedung Pengilon ini. Ada yang menyebutkan jika kedalaman Kedung ini melebihi tinggi pohon kelapa dan pohon bambu.
Warga cenderung ‘mengkeramatkan’ tempat ini karena sudah beberapa kali terjadi kasus tenggelam yang berakhir meninggal dunia. Dan hal ini disebabkan banyak warga lokal yang belum mengerti karakteristik kedung pengilon ini. Sehingga memang perlu diadakan penyuluhan agar masyarakat paham & tidak lagi mengkait-kaitkan situs ini dengan hal mistis dan sebagainya

ROAD TO KEDUNG PENGILON

Jika anda tertarik untuk mengunjungi Kedung Pengilon, atau hanya sekedar mencari informasi lebih lanjut, datanglah ke Dusun Petung. Untuk sampai ke wilayah Dusun Petung sendiri, anda harus berkendara selama ±10 menit dari Balai Desa Bangunjiwo. Ambil arah barat dari perempatan Balai Desa, ikuti jalan aspal sejauh ±2 kilometer hingga anda menemukan Tugu Genthong.

Tugu Genthong

Ambil kiri dan telusurilah jalan ini kearah selatan sekitar ±1 kilo sampai anda menjumpai tugu lagi. Itulah Tugu Dusun Petung. Setelah itu anda sudah mulai meninggalkan jalan aspal dan masuk ke jalan setapak dusun ini. Awalnya, kondisi jalan masih bagus dengan materi cor-block. Namun setelah itu segera berganti dengan tanah dan batu. Pastikan, anda rajin-rajin bertanya dengan warga sekitar mengenai lokasi Kedung Pengilon ini. Karena letaknya berada jauh dari pemukiman, anda harus menitipkan kendaraan di rumah-rumah warga. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh ±200 meter.

Tugu Dusun Petung. Sudah dekat dengan Kedung Pengilon


Jalan Menuju Kedung Pengilon


Sebrangi sungai kecil ini untuk sampai ke Kedung Pengilon

Warga Dusun Petung, sama seperti warga pelosok desa lainnya, ramah terhadap orang asing/luar. Asalkan kita menunjukkan itikad baik, mereka pasti tidak segan untuk membantu dan mengantar anda sampai ke lokasi Kedung Pengilon.
Hingga saat ini, belum ada yang mengetahui secara pasti, berapa kedalaman dari Kedung Pengilon ini. Kebanyakan warga sekitar mengukurnya hanya sebatas dengan intuisi ataupun perkiraan. Yang pasti, Kedung ini mempunyai kedalaman lebih dari 2 meter.  Jadi, jika anda ingin berenang di kedung ini, pastikan bahwa anda benar-benar memiliki kemampuan untuk itu.
Satu hal yang patut dicermati, Kedung Pengilon adalah tempat yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, disarankan anda meminta warga lokal untuk memandu wisata anda di Kedung Pengilon ini.

Baca Juga Tentang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar